Warga Tepi Barat dan Jalur Gaza Ingin Mahmoud Abbas Mundur

Presiden Palestina Mahmoud Abbas
Sumber :
  • REUTERS/Issam Rimawi/Pool

VIVA – Sekitar 70 persen orang Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza yang diduduki Israel menginginkan Presiden Mahmoud Abbas segera mengundurkan diri dari jabatannya.

Diberitakan Middle East Monitor, Kamis, 14 Desember 2017, hal ini diperoleh berdasarkan jajak pendapat oleh Pusat Penelitian Kebijakan dan Survei Palestina yang dilakukan pada 7-10 Desember 2017.

Jajak pendapat yang dilakukan di wilayah Palestina yang diduduki dilakukan segera setelah keputusan Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Hasil jajak pendapat soal penuntutan pengunduran dirinya bahkan naik tiga poin dari bulan September.

Ketika ditanya siapa yang harus menggantikan Abbas, 35 persen menyatakan preferensi untuk Marwan Barghouthi, 22 persen akan memilih Ismail Haniyeh, sementara Mohammad Dahlan menarik dukungan hanya tujuh persen orang Palestina.

Mengenai perubahan kebijakan Trump di Yerusalem, sejumlah besar orang Palestina percaya bahwa tanggapan Palestina yang paling tepat adalah menghentikan semua kontak dengan pemerintah AS serta engajukan keluhan resmi ke Pengadilan Pidana Internasional (ICC).

4 Negara Eropa Ini Bersumpah Siap Akui Palestina sebagai Negara Merdeka, Ini Alasannya
 
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid alias HNW saat aksi doa untuk Gaza Palestina.

Aksi Doa untuk Gaza, HNW: Israel Pernah Kalahkan 3 Negara tapi Tak Bisa Kalahkan Pejuang Palestina

Menurut Hidayat Nur Wahid dan HNW, Israel pernah dengan mudah mengalahkan tiga negara dalam waktu 6 hari. Tiga negara yaitu Mesir, Suriah, dan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024