Ditemukan Hewan Tertua di Dunia Usia 5 Abad, Tebak Jenis Apa

Hiu yang diperkirakan berusia lebih dari 500 tahun
Sumber :
  • Instagram/ juniel85/Metro.co.uk

VIVA – Ditemukan hiu Greenland berukuran besar yang diyakini sebagai hewan vertebrata tertua di bumi yang ditemukan pada saat ini. Hiu tersebut diprediksi sudah berusia hingga 512 tahun, lebih dari 5 abad.

Niat Menyelam, Pria Ini Justru Dikepung dan Disosor Ikan Hiu di Tengah Lautan

Hiu Greenland hidup di perairan es di Akrtik yang lokasinya ditemukan oleh para ilmuwan. Dengan mengukur tubuh dan melakukan sejumlah observasi, para ahli menduga bahwa hiu yang bobotnya hampir 1 ton itu sudah ada sejak awal tahun 1500-an sebagaimana dituliskan dalam satu jurnal ilmiah.

Hiu Greenland sebagaimana dicukil dari laman Metro, biasanya hidup dengan suhu air minus 1 hingga 10 derajat Celcius. Hiu tersebut juga bisa berada hingga di kedalaman 7200 kaki. Panjang hiu 18 kaki.

Geger Penemuan Spesies Baru Ikan Hiu, Memiliki Gigi Menyerupai Manusia

Namun sebagian ahli ada yang mengira bahwa usia hiu tersebut sekitar 272 tahun.

Hiu tertua itu adalah hiu ke-28 yang dianalisis yang berasal dari Greenland. Hiu Greenland memang dikenal sebagai hiu yang berumur panjang.

Ilmuwan Teliti Ikan Hiu yang Konsumsi Kokain, Hasilnya Mengejutkan

Disebutkan bahwa hiu di Greenland sebelumnya diperkirakan bisa hidup hingga 400 tahun. Habitat tersebut memiliki kebiasaan berenang di laut dalam dan mencari pasangan. Oleh karena itu untuk kasus ditemukannya hiu berusia 5 abad bukanlah hal yang mustahil untuk jenis hiu Greenland.
 

Ilustrasi hiu putih.

Viral Penampakan Bagian Dalam Tubuh Ikan Hiu Usai Menelan Kamera

Meski hanya bertahan beberapa saat di dalam tubuh hiu kamera itu akhirnya dibuang begitu saja dari mulut predator ganas. Hiu itu pun menyadari kamera bukanlah santapannya

img_title
VIVA.co.id
12 September 2023