Negara Tertutup Seperti Korut Akan Sulit Berkembang

Jusuf Kalla
Sumber :
  • Setwapres

VIVA –  Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyebut, negara-negara yang sengaja menutup diri di masa kini merupakan negara yang tidak diinginkan keberadaannya oleh negara lain.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Menurut JK, di era globalisasi dan keterbukaan informasi, setiap negara saling berharap untuk bisa menjalin kerja sama satu sama lain demi kemajuan bersama.

"Negara yang betul-betul menutup diri seperti Korea Utara, tentu tidak menjadi keinginan masyarakat dunia," ujar JK saat memberi sambutan dalam Asia Pacific Leaders' Forum on Open Government 2017 (APLF 2017) di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Desember 2017.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

JK menyampaikan, keterbukaan saat ini mutlak diperlukan mengingat dalam dunia modern, seluruh bangsa sama-sama mengalami kemajuan signifikan dalam tiga hal utama, yaitu sistem pemerintahan, penegakan Hak Asasi Manusia (HAM), serta adopsi teknologi. Dengan demikian, menurut JK, seluruh bangsa harus saling terbuka untuk bisa terus maju dengan senantiasa berbagi pengalaman dalam ketiga hal itu.

"Kebutuhan kita tentu bagaimana menjalankan suatu pemerintahan, negara, atau society secara terbuka," ujar JK. (mus)

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un
Ilustrasi bendera Korea Utara.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Korea Utara, salah satu negara yang paling terisolasi dan diperintah otoriter di dunia, dipimpin oleh keluarga Kim yang mempertahankan kekuasaannya dengan tangan besi ini

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024