Laporan dari Thailand

Petinggi ASEAN Bahas 'Plus Three'

VIVAnews - Para petinggi negara kembali melanjutkan pertemuan KTT Asean. Agenda utama pertemuan kali ini adalah membahas tiga negara 'plus three.'

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Pertemuan sepuluh petinggi negara-negara ASEAN itu berlangsung, Minggu 25 Oktober 2009 pagi di Dhusit Hotel, Huan Hin, Thailand.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) termasuk Wens Manggut dari VIVAnews sudah tiba di lokasi acara.

Agenda pertemuan ini adalah membahas kerjasama antara ASEAN dengan sejumlah negara seperti China, Korea Selatan, dan Jepang yang kerap disebut Asean plus three.

Selain itu, agenda lain adalah pertemuan ASEAN dengan India dan dengan Australia. Pertemuan Asean plus 3 itu sangat penting, karena itu membahas mengenai nasib rencana Inisiatif Chiang Mai.

Inisiatif Chiang Mai adalah rencana bersama negara Asean dan tiga negara itu untuk mengumpulkan dana bersama. Inisiatif Chiang Mai adalah kesepakatan bersama sejumlah negara Asean untuk mengumpulkan dana bersama guna membiayai pembangunan infrastuktur di negara anggota Asean.
 
Inisiatif ini bermula dari krisis ekonomi yang menghantam kawasan Asia Tenggara tahun 1998. Ketika itu sejumlah negara Asean yang dihempas krisis terpaksa meminta bantuan IMF dan meminjam dana dari lembaga keuangan itu.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

ismoko.widjaya@vivanews.com

Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024