Puslabfor Periksa Gas Genset Maut di Klinik Bekasi

Genset maut di klinik Bekasi
Sumber :
VIVAnews
Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme
- Tewasnya lima orang akibat keracunan asap genset di Klinik Sapta Mitra, Pengasinan, Rawalumbu, Bekasi langsung mendapat perhatian kepolisian. Tiga petugas Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri, tiba di Klinik Sapta Mitra, Selasa 11 Februari 2014 sore.

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka

Petugas akan menyelidiki penyebab tewasnya lima orang di dalam mess klinik. Anggota Puslabfor Mabes Polri, Ipda Helmiady menuturkan, pihaknya membawa sampel udara di ruangan yang diperkirakan sudah terkontaminasi gas buang mesin genset. Baik di lantai satu, maupun lantai dua.
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara


Saat kejadian, lima korban tewas dan empat korban selamat berada di lantai dua klinik yang digunakan sebagai mess. Sementara mesin genset berada di lantai satu dekat meja resepsionis.


“Dugaan sementara, udara di dalam klinik sudah terkontaminasi tiga gas berbahaya. Di antaranya karbondioksida (CO), karbonmonoksida (CO2), dan NOX. Itu diduga berasal dari gas buang mesin genset,” kata Helmiady.


Menurut Helmiady, tiga gas yang diduga ada di dalam ruangan tersebut, selama ini dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin. Sebab, ia begitu mematikan. Gas itu, kata Helmiady, sifatnya menyerang saluran pernapasan.


“Lebih berbahaya lagi, karena para korban tengah tertidur di dalam ruangan yang minim sirkulasi udara dari luar” lanjutnya. Karena tidak sadar, orang-orang pun lemas dan akhirnya meninggal.


Selain membawa sampel udara di dalam klinik, Puslabfor juga sudah mengamankan sampel darah dari salah satu korban tewas. Sampel darah akan dicek di laboratorium, untuk memastikan apakah para korban meninggal karena keracunan gas atau bukan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya